Jumat, 12 Juli 2013

Denah



DENAH

Dalam membuat suatu bangunan gedung kita memerlukan tempat atau lokasi  yang strategis dan aman dari ancaman baik berupa bencana alam maupun bencana lainnya. Maka bangunan tersebut memerlukan denah lokasi yang telah diperhitungkan menurut aturan-aturan yang telah ditentukan oleh para ahli.
Setelah menentukan denah lokasi maka diperlukan denah bangunan gedung, denah ruangan  yang diperlukan dalam membangun bangunan tersebut.
Contoh dalam denah ruangan kelas dalam bangunan sekolah.
Dalam ruang kelas biasanya terdapat meja murid, tempat duduk murid, meja guru,tempat duduk guru, papan tulis, lemari guru, dan lemari murid.
Dengan menggunakan denah kita dapat mengetahui gambaran keberadaan suatu tempat dan benda-benda yang ada di dalamnya.
Misalnya dalam suatu ruang kelas terdapat meja murid yang berada ditengah kelas, meja guru, papan tulis dan lemari buku berada didepan kelas. Meja guru, meja murid, lemari buku, dan papan tulis berguna untuk kelancaran belajar murid.

Nyayian mengenai arah mata angin.
Timur tanggara, selatan, barat daya
Barat, barat laut, utara timur laut



Arah mata angin
Arah mata angin merupakan petunjuk arah denah. Arah mataangin berguna untuk mempermudah membaca denah. Arah mata angin ada delapan. Antara lain Utara (U), timur laut (TL), timur (T), tenggara (TG), selatan(S), barat daya (BD), barat (B), dan barat laut (BL). Pada denah, arah utara selalu berada di atas. Sementara itu, arah selatanberada di bawah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar